Selasa, 04 November 2008

Atasi Bau Mulut !!!


Mungkin, kita sering merasa tidak percaya diri karena masalah bau mulut, dan itu dapat terjadi pada siapa saja. Salah satu penyebabnya, karena perut kosong terlalu lama. Sehingga, kita akan merasa takut apabila ingin berkomunikasi dengan orang lain. Tapi bisa juga disebabkan oleh, perawatan gigi tidak diperhatikan, problem dengan lambung /pencernaan, makanan dan minuman yang tidak diperhatikan.

Sekalipun tidak makan, bau mulut dapat terjadi juga. Itu disebabkan, karena kekeringan pada mulut akibat kekurangan air ludah. Apabila air ludah berkurang, maka bakteri mulut semakin bertambah, maka timbullah bau mulut.

Tetapi, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah dan mengurangi bau pada mulut :

  1. Rawatlah rongga mulut secara teratur.
  2. Banyaklah memakan sayur dan buah-buahan. Buah tertentu, seperti semangka dan bengkuang baik dikonsumsi, karena banyak airnya.
  3. Minumlah banyak air putih, bahkan sampai delapan hingga sepuluh gelas setiap harinya. Selain membantu mencegah bau mulut, juga dapat meningkatkan stamina kita.
  4. Kurangi konsumsi kopi dan rokok. Kebiasaan merokok, dapat memperburuk kesehatan mulut dan timbul aroma yang tidak sedap.
  5. Olah raga.
  6. Biasakan setelah menggosok gigi, berkumurlah dengan '' obat kumur lhisetine''. Karena berkumur, dapat mengurangi bau mulut agar air liur tidak terlalu pekat.
  7. Gosoklah gigi minimal sehari dua kali, saat bangun pagi dan malam sebelum tidur. Jangan lupa, untuk menggosok lidah juga, karena makanan dapat menempel di lidah.
  8. Gunakan benang gigi, untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi.
  9. Hindari makanan yang dapat menimbulkan bau seperti, bawang putih, bawang merah, jengkol, petai, ikan, daging, durian dan berbagai produk susu.
  10. Jangan terlalu banyak, makan makanan yang mudah lengket pada gigi. Contohnya, cokelat, es krim, biskuit dan kue basah. Tetapi, apabila kita makan makanan itu, segeralah berkumur supaya makanan tidak menempel di gigi.

Apabila kita telah melakukan semuanya itu, dan ternyata bau mulut masih ada. Lebih baik, segera konsultasikan pada dokter gigi.

Sumber : Berbagai Sumber

0 komentar:

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver